Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gempa NTT Berkekuatan 7,5 SR Terasa Hingga Kabupaten Pangkep, Sulsel

KORANPANGKEP.CO.ID - Gempa berkekuatan magnetudo 7,5 SR yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT) tepatnya di wilayah Larantuka, di rasakan disejumlah daerah di Sulawesi selatan termasuk di kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel. Seperti dilansir dari Twitter BMKG @infoBMKG.

Disebutkan bahwa kedalaman gempa 12 KM. Lima daerah yang rawan terjangan gelombang tsunami adalah Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat dan Maluku

"Peringatan Dini #Tsunami untuk wilayah: MALUKU, NTB, NTT, SULSEL, SULTRA, #Gempa Magnitudo: 7.5, 14-Des-21 10:20:22 WIB, Lokasi: 7.59 LS, 122.26 BT (112 km BaratLaut LARANTUKA-NTT), Kedalaman: 12 Km," cuit pengumuman itu, seperti dikutip KORANPANGKEP.CO.ID, Selasa (14/12/2021).

Informasi yang dihimpun awak media dari sejumlah warga yang berada di rumah dan warung kopi (warkop) ikut merasakan getaran gempa tersebut.

“Tadi kami kira hanya goyang biasa. Kami merasakan gempa di rumah, sejumlah perabot ikut bergoyang sedikit.” ujar Syafruddin Nur salah seorang warga Ujung Loe di Minasatene Pangkep.

Dalam cuitan komentar twitter juga warga net menyebutkan getaran gempa hingga ke Kabupaten Pangkep. “Makassar pagkep juga terasa sekali astagfirullah sampe skrang masih dumba2 wehh,” ujar akun @Nirwana_97.

Dalam cuitan komentar twitter juga warga net menyebutkan getaran gempa hingga ke Kabupaten Pangkep. “Makassar pagkep juga terasa sekali astagfirullah sampe skrang masih dumba2

Dalam kejadian hari ini BMKG merilis tiga kali gempa bumi di barat laut Larantuka, NTT. Gempa bumi kali pertama di Larantuka NTT Magnitudo 7,5 terjadi di 112 kilometer (Km) sebelah barat laut Larantuka pukul 10.20.22 WIB.

Selang satu detik, tepatnya pukul 10.20.23 WIB, kembali terjadi gempa atau gempa susulan di Larantuka NTT. Lokasinya bergeser satu kilometer dari gempa kali pertama, yakni 113 Km sebelah barat laut Larantuka NTT.

BMKG memperingatkan dua gempa bumi itu berpotensi tsunami. Gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer. Tepatnya berada pada koordinat 7.59 Lintang Selatan (LS) dan 122.24 Bujur Timur (BT).

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "Gempa NTT Berkekuatan 7,5 SR Terasa Hingga Kabupaten Pangkep, Sulsel"